Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Humbang Hasundutan

Pemkab Humbahas menggelar Ggerakan Pangan Murah dalam rangka stabilitasi pasokan dan harga pangan. Kegiatan dipusatkan di Kantor Camat Pollung selama dua hari, Senin hingga Selasa (6-7/11/2023).

topmetro.news – Pemkab Humbahas menggelar Gerakan Pangan Murah dalam rangka stabilitasi pasokan dan harga pangan. Kegiatan dipusatkan di Kantor Camat Pollung selama dua hari, Senin hingga Selasa (6-7/11/2023).

Saat pembukaan, Senin (6/11/2023), Pj Sekda Chiristison Rudianto Marbun MPd mengapresiasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta seluruh pihak, atas inisiasi dan kontribusinya dalam pelaksanaan gerakan pangan murah ini.

“Pangan adalah kebutuhan yang sangat krusial dan mendasar bagi kehidupan manusia. Sehingga pemenuhannya menjadi hak azasi untuk kelangsungan hidup setiap individu dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam menjaga ketahanan pangan, pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis. Termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat,” katanya.

Ia kemudian menjelaskan lagi, Gerakan Pangan Murah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan pokok, dengan harga terjangkau. Dengan tujuan, stabilisasi harga dan pengendalian inflasi, terutama akibat kenaikan harga komoditi pangan khususnya beras dan gula pasir.

Gerakan Pangan Murah sudah terlaksana sebanyak lima kali di Kabupaten Humbahas sejak 2022. Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Humbang Hasundutan difasilitasi Badan Pangan Nasional melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Humbang Hasundutan. Bekerja sama dengan Bulog, pelaku usaha, dan gapoktan/kelompok tani.

Pj Sekda Chiristison Rudianto Marbun MPd juga berpesan, berbelanjalah sesuai kebutuhan. “Jangan berlebihan dan dahulukan masyarakat. Terkhusus yang membutuhkan dan yang kurang mampu,” katanya.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment